Senin, 31 Oktober 2011

Cara Install Ulang Blackberry

disini saya hanya sekedar berbagi dengan anda tentang bagaimana cara menginstall ulang blackberry,ntah itu karena blackberry anda eror, reboot ulang terus dan tidak bisa masuk ke home screen, lemot, ataupun sekedar mau meng-upgrade ke versi terbaru. memang jika anda search di google akan muncul banyak panduan untuk menginstall ulang blackberry anda, ngak ada salahnya saya sedikit menuliskan apa yang saya ketahui. Jadi ceritanya sekitar sebulan yang lalu ada seorang teman yang menawarkan blackberry storm 2 nya kepada saya. Saya Tanya kenapa dijual?dia bilang karena sering hang dan lemot kali. Terus saya Tanya apa blackberry nya sering jatuh..dia bilang tidak pernah.dan saya langsung setuju untuk membeli hape tersebut dengan harga yang bias dibilang murah apalagi masih baru pake 3 bulan hehehe. Ketika blackberry nya sudah saya beli, esok harinya langsung saya rencanakan untuk menginstall ulang OS nya karena sudah bisa dipastikan kalo yang namanya gadget selagi hardwarenya sehat makan masalahnya berati Cuma di OS.

Khusus untuk Backup BBM versi 5:
  1. Buka Blackberry Messenger V5
  2. Tekan menu BB
  3. Pilih Backup Contact List Remotely
  4. Pilih Back up files remotely (berarti back up ke server RIM dengan daftar email anda ke RIM)
  5. atau Pilih Back up files locally (back up di media / micro SD card anda)
Untuk restore kembali, pada saat anda reinstall BBM, BBM5 akan secara otomatis deteck email anda untuk restore remotely atau anda bisa klik menu BB dan pilih restore backup dengan restore dengan media card anda.
Langkah pertama persiapan sebelum install ulang adalah :
  • Install Desktop manager dari CD bawaan ketika anda membeli blackberry anda. Dan saran saya kalo bisa install nya di laptop atau PC tp yang make UPS. Hal ini supaya menghindari masalah ketika sedang dalam proses installasi mati lampu.
  • Setelah anda install Desktop manager nya..yang kedua anda download OS terbaru dari website Blackberry pada katergori download atau anda bisa juga searching dari google dengan masukan keywords OS 5 terbaru dsb. Usahakan anda memeliki koneksi internet yang lumayan kencang karena 1 file OS nya berukuran kurang lebih 150 MB.
Untuk masalah OS memang lebih bagus kita menggunakan OS sesuai dengan operator yang anda pake.kalo anda memakai telkomsel pilih dibagian download OS for telkomsel.Cuma yang jadi masalah terkadang update OS terbaru untuk provider Indonesia sangat jauh ketinggalan.jadi solusinya saya memakai OS terbaru dari salah satu vendor luar negri dimana telah mengeluarkan official resmi terbarunya sesuai dengan tipe blackberry yang anda gunakan (kalo storm 2 ya pilih untuk storm 2). Nah mau OS keluaran dari vendor manapun didunia ini masih bisa digunakan dengan syarat menghapus satu file bawaannya yang bernama Vendor.xml (nanti dijelaskan dimana file ini berada).
  • Setelah anda menginstall desktop manager,sambungkan blackberry anda ke PC dengan mengunakan kabel data bawaan dari blackberry anda. Nanti system akan membaca dan menginstall driver untuk blackberry anda secara otomatis. Apabila blackberry anda telah berhasil terinstall di PC, maka di desktop manager akan terdeteksi no PIN anda.
  • Langkah berikutnya adalah Back up data, pilih menu back up and restore. Setelah itu pilih back up. Semakin besar data anda yang tersimpan di blackberry anda maka semakin lama waktu backup yang diperlukan untuk selesai. Bisa 1 jam atau bahkan lebih.jadi banyak banyaklah bersabar hehehe.
Langkah install ulang :
Setelah selesai memback up data pada blackberry anda, kita masuk ke langkah berikutnya yang menjadi tujuan kita install / upgrade OS blackberry.
  • Diawal td anda sudah mendownload OS terbaru untuk tipe blackberry anda, nah setelah anda download makan klik file tersebut untuk melakukan instalasi ke PC anda.ikuti saja pentunjuk nya next,next,agree,next,install seperti install software biasa lah. Setelah selesai restart PC anda
  • Setelah restart PC lalu hapus vendor.xml di drive C: -> program files -> common files -> research in motion -> app.loader
  • Lalu nyalakan desktop manager dan sambungkan blackberry anda,tunggu sampai program membaca PIN anda.
  • Nah untuk kali ini jika anda sudah berhasil menginstall OS yang di installkan ke PC td maka pada saat desktop manager mendeteksi blackberry anda maka desktop manager akan secara otomatis membaca OS anda harus diupdate dengan versi yang sudah kita install sebelum..lalu tinggal anda klik next next oke agree dsb…dan dimulai lah proses instalasi OS baru ke blackberry anda secara otomatis..silahkan tunggu sampai sekitar ada 12 proses dan memakan waktu kurang lebih setengah jam.ingat gunakan laptop atau PC yang memiliki UPS.. jangan percaya sama janji PLN yang tidak akan melakukan pemadaman giliran hahahaha.jangan cabut kabel sebelum benar benar ada konfirmasi finish..dan usahakan selama instalasi kabel tidak tergoyang atau tercabut.
  • Setelah selesai installasi silahkan setting kembali di blackberry anda time,email,account setting dll yang berhubungan sama BIS anda.
Nah selesai sudah semua proses dan silahkan menikmati blackberry anda yang fresh from the oven. just try because if you never try so you will never know :p

sekedar saran supaya menjaga agar blackberry anda tidak lemot,sering hang dan hemat batrai, sedikit saya bagi saran :
1. Pilih operator yang memiliki jaringan stabil, supaya device tidak selalu mencari sinyal
2. Berhemat di Screen brightness and timeout display-> Option -> Screen/keyboard -> atur backlight brightness jadi 10 (paling kecil) dan backlight timeout jadi 10 (paling cepat)
3. Sesuaikan profile sehemat mungkin, matikan Vibrate/getar + volume + lampu LED-> Profiles (gambar speaker) -> Advanced -> Enter dari profile yg aktif -> setting vibrate + volume + lampu LED sehemat mungkin untuk BBM alert, Facebook, Message, MMS, SMS, YM
4. Bila perlu, gunakan sarung BlackBerry yang asli karena begitu dimasukkan dalam sarung, maka layar akan langsung non aktif
5. Sesekali (misalkan mau tidur) manfaatkan fasilitas profile silent, tanpa dering dan vibrate, sehingga ketika ada email atau pesan masuk, ponsel anda tidak berbunyi tang ting tung teng ….
6. Matikan LED indicator
7. Matikan Keypad tone
8. Matikan bluetooth bila tidak diperlukan
9. Matikan Wifi bila tidak diperlukan
10. Matikan GPS bila tidak diperlukan
11. Gunakan signal 2G daripada 3G bila handheld sementara tidak digunakan untuk mengunduh file besar (posisi stand by)-> Manage connections – Mobile network option – ubah 3G menjadi 2G
12. Gunakan theme sederhana tanpa animasi
13. Hapus aplikasi dan theme yang jarang digunakan (ini juga akanmenghemat memory)-> Option -> Advance option -> Application -> delete aplikasi yang tidak diperlukan
14. Biasakan jangan lupa untuk meng -end chat kan chat chat yang sudah tidak terjadi percakapan lagi di BBM anda,jangan dibiarkan terbuka..smakin banyak chat yg terbuka semakin banyak memory yang dipakai menyebabkan blackberry anda menjadi lemot. sering menchek kondisi memory melalui options -> memory. jangan sampai Application Memory dibawah 15 MB. kalo dibawah itu ya lemot lah blackberry anda.
nah apabila kondisi baterai memang sudah harus pensiun atau sekedar mau mencari batrai blackberry non ori yang murah dan berkualitas buat sekedar keperluan darurat silahkan coba KingMax Battery

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar